Oleh Bilur-bilur-Nya

RENUNGAN

Selasa, 19 Maret 2019

1 Petrus 2: 24b Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Oleh Bilur-bilur-Nya

Ayat yang pendek ini, oleh banyak orang kristen saat ini, seringkali diucapkan baik dalam doa maupun kata penghiburan dalam  ibadah atau mengunjungi mereka yang sakit. Harapannya bahwa orang itu akan mendapatkan kesembuhan fisik. Kata “bilur”, dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti: luka panjang pada kulit (bekas kena cambuk). Kita dapat langsung mengerti bahwa yang dimaksud oleh Petrus dalam nas ini adalah mengacu kepada luka-luka bekas cambukan di sekujur tubuh Yesus, yang diterima-Nya sebelum Ia disalibkan. Bekas luka itu telah memberi kesembuhan bagi kita. Pertanyaannya adalah, bagaimana itu dapat terjadi? Apakah kesembuhan yang dimaksud adalah kesembuhan secara rohani atau fisik?

Petrus mengirimkan suratnya ini kepada orang-orang Kristen yang tersebar di seluruh bagian utara Asia Kecil, dengan tujuan untuk menguatkan iman para pembacanya yang sedang mengalami tekanan dan penganiayaan karena percaya kepada Kristus. Dalam penderitaan yang mereka alami, ada berita sukacita bahwa mereka telah dibebaskan lewat kematian-Nya dari dosa, untuk hidup dalam kebenaran. Mati terhadap dosa adalah menunjuk pada kondisi rohani kita yang bebas dari belenggu dosa, dan kemudian dihidupkan untuk hidup dalam kebenaran. Ini berarti bekas lukas cambuk di tubuh Yesus, ada untuk penyembuhan rohani kita, bukan penyakit fisik kita. Tidak disangkal bahwa penyembuhan fisik sebagaitindakan berkelanjutan Allah yang penuh anugerah, tetapi penyembuhan kondisi rohani kita adalah yang dijanjikan dalampenebusan Kristus.

Saudaraku, luka-luka di tubuh Kristus adalah obat bagi kita. Hidup kita di dalam dosa, telah ditebusnya agar kita dapat hidup dalam kebenaran. Kebenaran itulah yang membawa kesembuhan rohani dan fisik kita sebagai anugerah atas kematian-Nya bagi kita. (RES)

Doa: Ya, Tuhan ajarkanlah kami untuk mengimani karyaMu.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *