Menerima Roti Hidup

RENUNGAN

Rabu, 10 April 2019

Yohanes 6:51 Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh manusia. Bayangkan rasanya jika kita tidak makan seharian penuh, pasti tidak enak bukan? Makanan bagaimanapun juga merupakan “bahan bakar” bagi tubuh manusia. Setiap bagian dari tubuh manusia harus mendapatkan nutrisi yang didapatkan dari asupan makanan. Jangankan tidak makan seharian, telat makan saja tubuh manusia bisa mendapatkan masalah.

Yesus dalam ayat ini mengatakan dirinya sebagai “roti yang hidup”, roti yang memberikan kehidupan bagi manusia. Hidup yang diberikan Yesus bukan sebatas hidup yang jasmani, melainkan juga hidup yang rohani. Yesus mengatakan bahwa dagingnya sendiri adalah roti itu, tentunya ini mengingatkan kita terhadap perjamuan kudus yang dilayankan di gereja. Ketika roti dipecah-pecahkan dan diberkati, unsur roti dan tubuh Yeus menyatu di dalamnya. Sehingga ketika kita menerima roti dan memasukkannya ke dalam tubuh kita, maka unsur tubuh Kristus juga menyatu dan hidup di dalam tubuh kita. Inilah yang menjadi makanan rohani bagi tubuh kita sebagai umat percaya, makanan yang akan memberi manusia kehidupan yang kekal.

Saudaraku, menyatunya tubuh Kristus dengan tubuh kita, membawa sebuah tanggung jawab tersendiri yakni menyatunya sikap Kristus dalam diri kita. Kebersatuan tubuh kristus dengan tubuh manusia mendatangkan sebuah hidup baru yang transformatif bagi diri umat. Dengan menerima tubuh Kristus, hendaknya kita sebagai umatnya juga menjalani kehidupan yang baru sesuai dengan kehendak Allah. Sehingga dengan demikian kita dilayakkan untuk menerima hidup yang kekal. (RES)

 

Doa: Ya Tuhan, mampukan kami meneladani hidupmu dan menjadi seperti-Mu, yaitu terang di dalam dunia.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *