Kesetiaan dan Pengabdian

Selasa, 23 April 2019

Ulangan 10 : 17: “sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan TUHAN segala tuhan. Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap”.

Suka memberi suap dan sikap pandang bulu, merupakan hal yang dapat menutupi keadilan dan kebenaran. Sering sekali hukum tidak terlaksana hanya oleh karena kedual hal itu. hal ini membuat keadilan dan kebenaran menjadi barang yang mahal, sebab diukur dari siapa kita dan berapa banyak uang yang diberikan. Sehingga muncullah pemahaman bahwa hukum itu ibarat sebilah pisau, tajam ke bawah namun tumpul ke atas. Hukum hanya tegas terhadap mereka yang miskin dan tak punya kekuasaan, sedangkan terhadap yang kaya dan berkuasa hukum itu tumpul.

Firman Allah pada hari ini menyatakan bahwa Allah tidak memandang bulu dan tidak menerima suap, sebab Ia Maha Adil. TUHAN, Allah Israel, mengatasi segala kuasa di bumi ini. Orang Israel selalu cepat tergiur untuk menyembah allah atau ilah lain. Mereka selalu meragukan apakah TUHAN itu benar-benar ada atau tidak. Mereka beranggapan ketika mereka memberikan persembahan dengan sebanyak-banyaknya maka Allah senang kepada mereka, seperti yang mereka lakukan kepada para dewa atau ilah bangsa sekitar.

Saudaraku, TUHAN tidak memandang seberapa banyak atau seberapa sedikitnya persembahan yang engkau berikan. Tetapi TUHAN ingin melihat seberapa besarkah kita setia kepadaNya dan selalu menyembah hanya kepada-Nya. TUHAN itu adil, Ia tidak dapat disuap dengan berbagai cara apa pun. Jika engkau setia dan taat kepadaNya dalam hidupmu, maka engkau akan beroleh upah dari kesetiaanmu kepada-Nya (bdk. Wahyu 2: 10). Kesetiaan tidaklah alasan untuk menerima upah, tetapi kesetiaan itu merupakan kewajiban yang harus kita lakukan sebagai umat yang telah ditebus dari dosa dan kematian kekal. (RES)

 

Doa: Ya Tuhan, ajarlah kami untuk selalu setia dan mengabdi kepadaMu.

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *