Melawan Allah?

RENUNGAN

Selasa, 7 Mei 2019

Ayub 9:4 Allah itu bijak dan kuat, siapakah dapat berkeras melawan Dia, dan tetap selamat?

Tentu saja kita percaya bahwa Allah itu bijak dan kuat, lalu pertanyaanya apakah ada yang hendak melawan Allah? Dan orang yang melawanya bukan orang yang tidak percaya Tuhan, bukan orang yang beragama lain, namun yang melawan Allah adalah orang-orang Kristen sendiri. Orang yang percaya tentang kemahakuasaan Allah bisa jadi adalah orang yang melawan Allah. Mengapa demikian? Orang Kristen adalah orang yang sudah diberitahu tentang karya penyelamatan Allah melalui banyak hal, bisa melalui Alkitab, melalui pengalaman pribadi kita, maupun bisa melalui kebudayaan kita. Orang Kristen tentu saja sudah mengetahui hal tersebut. Misalnya untuk peduli pada orang lain yang membutuhkan, akan ada banyak dalih untuk lebih mempedulikan diri sendiri. Hal tersebut tentu jelas merupakan wujud dari melawan Allah. Banyak orang Kristen yang sebetulnya sudah mengetahui aturan namun sengaja melanggarnya.

Padahal kisah hidup Ayub jelas mencatat, bahwa Allah bukan hanya maha kuasa, namun juga maha misteri. Allah tidak pernah bisa dipahami oleh manusia. Ayub yang hidup dengan berkelimpahan harta, ditunjukkan dengan jumlah ternak dan pelayan yang banyak bisa hilang dalam sekejap. Segala ukuran kesuksesan yang biasa digunakan oleh manusia dijungkirbalikan oleh Allah. Maka manusia dibawa kepada kondisi yang sebenarnya, yaitu lemah dan tidak berdaya. Segala apa yang kita punyai (harta, status sosial) tidak membuat kita memiliki kekuatan untuk melawan Allah.

Saudaraku, marilah kita menyadari kondisi kita yang asali, bahwa apa yang kita miliki tidak berarti apa-apa dihadapan Allah. Yang kita butuhkan adalah hidup dalam kehendak-Nya karena kita tidak akan pernah bisa melawan-Nya. (RES)

 

Doa : Ya Tuhan, ajarkan kami untuk menyadari keterbatasan kami dihadapan Mu.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *