Perayaan Puncak Tahun Keluarga HKI Resort Patane Porsea: Keluarga Benar Hidup Berdasarkan Panggilan Tuhan

Porsea (MBW) – Sekjen HKI Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th memimpin perayaan  Puncak Tahun Keluarga di  HKI Resort Patane Porsea, Daerah III Toba – Samosir. Pesta yang berlangsung dua hari (1-2/10) berjalan baik dan meriah dihadiri 800an. Perlombaan dan hiburan yang diawali serta diakhiri ibadah ini, sekaligus makan bersama, diharapkan meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan selaku tubuh Kristus. (2/10)

Puncak acara dilaksanakan hari Minggu (2/10) yang mengambil tema “Hidup sebagai keluarga Allah: orang benar akan hidup oleh imannya (Habakuk 1:1-4, 2:1-4). Sebelum ibadah, diawali prosesi sekaligus pengalungan bunga kepada Sekjen Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th, Praeses Pdt. L.O Siregar dan Pdt. Belsem Sihombing.

Sekjen dalam khotbahnya sesuai tema dari Habakuk 1:1-4, 2:1-4 mengatakan, “warga HKI untuk hidup sebagai keluarga yang mempraktekkan kasih dan membuang kekerasan dalam keluarga. Ingat, Firman Tuhan yang mengatakan apa yang kita tanam itu yang kita tuai. Kalau kita menanam kasih kepada anak-anak, maka kita akan menuai anak yang mengasihi. Tetapi bila kita menanam kekerasan maka kita akan menuai anak-anak yang bebal dan nakal karena terbiasa dengan kekerasan”.

Photo Anak Sekolah Minggu HKI Resort Patane Porsea Sedang berlomba manortor. (2/10/16). (MBW/Bob K)

Sebagai keluarga Allah, semua dikasihi oleh Yesus Kristus karena kita anak-anak Allah. Jika kita anak, maka kita adalah saudara. Sapaan saudara ini menunjukkan keakraban  dan kesederajatan. Jadi dalam keluarga Allah tidak ada permusuhan yang dipelihara dan tidak ada anggota keluarga yang lebih hebat dan rendah, tetapi sederajat sama di hadapan Tuhan.

Keluarga sebagai tubuh Kristus jangan di mutilasi seturut tatanan hidup sosial. Keluarga benar hidup berdasarkan panggilan Tuhan, bukan panggilan adat, sosial, ekonomi, juga keluarga lainnya.

Praeses Pdt. L.O Siregar yang mendapingi Sekjen sebagai liturgis dalam ibadah, mengatakan: “acara Tahun Keluarga ini sangat baik untuk membangun kekeluargaan sebagai Tubub Kristus di HKI. Kedepan, diharapkan agar dibuat Petunjuk Pelaksanaan (JUTLAK) Tema Pencanangan Tahun Pelayanan di HKI. Sehingga, pelayanan di HKI dapat lebih maksimal dan terarah sesuai tujuan Tahun Pecanangan Pelayanan HKI”.

Sehubungan acara, Pdt. Belsem Sihombing, S.Th menuturkan, “pesta selama dua hari ini mengadakan kegiatan perlombaan tor-tor anak-anak sekolah Minggu antar sektor, “mangura” ikan mas untuk kaum ina, perlombaan catur Ama. Pengumuman kejuaraan dan penyerahan hadiah pembinaan diberikan pada akhir acara.

Hadir juga dalam acara tersebut, Pdt. Lisna br. Saragi, Pdt. Rusman Sibarani, Team Koor Mahasiswa STAKPN Tarutung, PNB dan jemaat lainnya. (MBW/RAN)

Bagikan Postingan ini: