HARI KITA, HARI TUHAN

Mazmur 118:24 “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!”

SENIN, 12 Juli 2021 Bacaan Alkitab: Mazmur 118:1-29

Banyak orang percaya ada hari yang baik dan ada pula hari yang buruk; ada hari yang membawa keberuntungan dan ada hari yang membawa sial. Itu sebabnya orang berhati-hati dalam memilih hari, tidak sembarangan. Contohnya ketika hendak mengadakan acara pernikahan, mereka tidak sembarangan menetapkan hari dalam hal untuk menghindari hari-hari yang dianggap tidak baik itu. Banyak orang yang berkonsultasi pada “orangtua” bahkan dukun untuk menanyakan hari yang dianggap baik untuk menggelar acara tersebut. Banyak orang yang melakukan hal seperti ini, temasuk juga orang Kristen.

Nah, nats renungan kita pada hari ini tetulis dalam Kitab Mazmur 118:24. Kita ketahui kitab Mazmur ini adalah sebuah nyanyian raja Daud atas rasa syukurnya tehadap TUHAN dalam hidupnya. Melalui Mazmur 118:24 ditegaskan bahwa “inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!”. Mungkin inilah hari yang dibuat Tuhan dengan memberi alasan untuk bersyukur. Mungkin pemazmur bepikir kepada hari pentahbisan bait Allah yang baru dibangun setelah orang Israel keluar dari pembuangan. Tradisi Yahudi menghubungkan “hari” itu dengan keselamatan oleh tradisi Kristen dihubungkan dengan hari kebangkitan Yesus. Artinya konteks menunjukkan bahwa “hari” yang dimaksud adalah hari penebusan atau keselamatan. Inilah alasan Daud sangat bersukacita karena penyelamatan daripada Allah tehadap bangsa Israel temasuk dirinya. Namun yang harus kita ketahui, Daud bersyukur kepada TUHAN tidak hanya ketika dalam sukacita namun dalam dukacitapun Daud selalu bersyukur. Artinya seiap saat Daud selalu bersykur akan Tuhan karena ia menganggap TUHAN selalu menyertainya seiap hari.

Saudaraku, semua hari adalah sama, yang membedakan hanyalah sikap dan pikiran kita. Daud yang percaya bahwa setiap hari adalah harinya Tuhan, bahwa Tuhan selalu menyertainya setiap hari. Begitupula tehadap kita, sebagai orang Kristen kita harus bisa menjadikan hari kita menjadi hari yang selalu baik. Artinya alangkah baiknya kita dapat berjalan seturut dengan firman Tuhan, maka yakin dan percaya hari kita akan selalu baik sebab Tuhan beserta kita setiap hari.

“Kunci untuk menikmati hari baik adalah ketika kita mengandalkan Tuhan setiap hari”

Penulis: Bella Putri Typani Tampubolon