PP HKI Menyampaikan Boras si Pir ni Tondi

Pucuk Pimpinan HKI Menyampaikan Boras si Pir ni Tondi kepada Warga Jemaat HKI yang Terdampak Gempa Tarutung.

Pada Sabtu (1/10/2022) dini hari lalu beberapa wilayah di Kabupaten Tapanuli Utara diguncang oleh gempa Magnitudo 5,8 (menurut tekno.tempo.co). Kejadian ini mengakibatkan beberapa kerusakan fisik di beberapa rumah warga, gedung gereja juga beberapa rumah warga Jemaat HKI. Salah satu gereja yang terdampak kerusakan adalah HKI Hutabarat Resort Tarutung Timur 1, Daerah 2 Silindung-Pangaribuan. Terdapat beberapa kerusakan di bagian depan dinding gereja serta beberapa bagian plafon gypsum langit-langit gereja.

Sabtu (1/10/2022) dini hari, gempa magnitudo 5,8 mengguncang beberapa wilayah Tapanuli Utara. Sehingga mengakibatkan kerusakan di beberapa tempat. Foto: Khusus.

Sebelumnya Sabtu (1/10/2022) sore, Pucuk Pimpinan HKI Sekretaris Jenderal Pdt. Hotman Hutasoit, M.Th telah melihat secara langsung keadaan gereja HKI Hutabarat. Dalam kunjungan tersebut Pucuk Pimpinan HKI memberikan semangat dan dorongan kepada jemaat agar tetap semangat walau sempat terjadi gempa. Ia juga mendoakan agar jemaat yang terdampak gempa diberikan kekuatan oleh Tuhan dan meminta dalam doa agar peristiwa ini tidak terjadi lagi.

Menyikapi kejadian ini, pada Minggu (2/10/2022) PP HKI memberikan “Boras si Pir ni Tondi” (harfiah: beras si penguat roh) kepada jemaat yang terdampak gempa. Dalam tradisi orang Batak boras si pir ni tondi sudah dilakukan secara turun-temurun yang bertujuan untuk meneguhkan roh manusia, supaya tetap teguh dan kuat.

Sekjend HKI mendorong agar warga jemaat HKI yang terdampak tetap semangat dan semakin berpegang teguh kepada Tuhan. Foto: Yohanes Simatupang.

Dalam kegiatan tersebut Sekjend HKI menyampaikan sebuah umpasa, “pir ma pongki, bahulbahul pansalongan, pir ma tondinta, sai tu tambana ma angka pangomoan.” Dengan ini ia berharap agar dilimpahkan rezeki kepada warga Jemaat HKI yang terdampak bencana. Ia juga berharap peristiwa ini menjadi sebuah
pengalaman yang semakin mematangkan kehidupan.

Baca Juga: Kunjungan Pelajar Jerman ke Sekolah HKI

Tidak lupa ia membacakan firman Tuhan sebagai pendorong semangat, yang tertulis dalam 2 Timotius 1:7, “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” Ia mendorong jemaat agar semakin kuat di dalam Tuhan ketika menghadapi pencobaan.

Ada sembilan kepala keluarga yang menerima bantuan dari PP HKI. Bantuan yang diterima berupa beras, gula pasir putih serta minyak goreng. Foto: Yohanes Simatupang.

Ada sembilan kepala keluarga yang menerima paket bantuan dari Pucuk Pimpinan HKI. Paket yang diterima terdiri dari beras, minyak goreng serta gula pasir putih.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Praeses HKI Daerah 2 Silindung – Pangaribuan Pdt. Sunggul Manik, S.Th beserta ibu, Pendeta HKI Resort Tarutung Timur 1 Pdt. Anres Amudi Pasaribu, S. Th serta jemaat HKI Hutabarat.

Kunjungi juga kanal YouTube HKI untuk mengetahui informasi seputar pelayanan HKI.

Dalam sambutannya Praeses HKI Daerah Dua menyatakan bahwa kegiatan ini akan berlanjut dalam beberapa waktu ke depan yang akan ditindaklanjuti oleh Departemen Diakonia HKI. Harapannya kegiatan ini ke depan akan mampu mendorong semangat para Warga Jemaat HKI. Mari kita bawa dalam doa agar setiap Warga HKI maupun warga lainnya yang terdampak bencana ini agar diberi kekuatan serta mampu menapaki kehidupan juga apa yang mereka butuhkan kiranya selalu dicukupkan oleh Tuhan.

Pewarta:
Timothy P Saragi

Bagikan Postingan ini:

About Timothy Saragi

Staf Biro Infokom HKI

View all posts by Timothy Saragi →