RENCANA TINDAK LANJUT: REKOMENDASI PESERTA TRAINING MANAGEMENT DIAKONIA GEREJA KOPERASI- CREDIT UNION – CREDO UNION MODIFIKASI

 

 Training Management Diakonia Gereja : Credit Union (CU – CUM) HKI ini peserta melihat bahwa gereja saat ini menghadapi tantangan global, yaitu di era globalisasi dan pasar bebas (neoliberalisme) saat  ini semakin nyatalah kelihatan bahwa kekayaan alam di bumi ini hanya dikuasai segelintir kaum kapitalis (pemilik modal) global. Warga jemaat HKI juga sedang menghadapi tantangan global tersebut, khususnya: Masyarakat petani yang semakin miskin, pedagang kecil yang terus tergusur, kearifan lokal yang semakin tergerus, masyarakat adat yang semakin lama tersingkirkan dari tanah adatnya, perusakan lingkungan hidup akibat indistrialisasi, dan konflik agama selalu saja terjadi di negeri ini. Untuk itu gereja HKI perlu memperkuat aksi diakonianya. Maka peserta Training merekomendasikan kepada Pucuk Pimpinan sebagai berikut:

  1. Peserta training secara khusus melihat bahwa gereja dan warga gereja sangat perlu bersatu dan bersama membangun ekonomi kerakyatan yang dilandasi bahwa Kasih karunia Allah telah menganugerahkan bagi manusia untuk mengelolah kekayaan alam ini untuk kesejahteraan bersama seluruh mahluk. Oleh karena salah satu pembangunan ekonomi yang sesuai dengan nilai saling mengasihi sesama adalah membangun kesejahteraan bersama melalui koperasi. Dimana nilai-nilai kasih yang hendak diperkuat dari koperasi yang didirikan gereja adalah nilai persekutuan di dalam kasih, saling memegang kepercayaan dan sharing kemampuan. Oleh karena itu sudah sangat perlu HKI di tingkat jemaat, resort atau daerah mendirikan CU, CUM atau koperasi demi membangun persekutuan yang saling berbagi kasih.
  2. Dari analisa peserta training bahwa CU, CUM dan Koperasi yang dimiliki HKI saat ini perlu ditingkatkan kapasitasnya dan diperkuat konsolidasinya. Oleh karena itu sangat perlu ada jaringan kerjasama antar CU, CUM dan Koperasi yang dimiliki HKI di tingkat jemaat-jemaat yang dikoordinir di tingkat pusat dengan memperkuat nilai-nilai yang sama, yaitu kebersamaan dan rasa saling percaya.
  3. Peserta training mengusulkan agar setiap CU, CUM dan Koperasi yang kita miliki membangun jaringan kerja bersama melalui pembentukan AD/ART atau peraturan khusus (PERSUS) yang membangun kekuatan persekutuan (kebersamaan), ibadah, pemberdayaan kelompok dan kepercayaan sesama anggota.

 

Salam kasih dari Peserta

Training Management Diakonia Gereja Credit Union (CU-CUM) HKI

Bagikan Postingan ini: