SEKJEN Menghadiri Tahun Baru HKI Daerah IV Dakota: Hikmah Dan Penuh Suka Cita

Sidikalang (28/1/16), Huria Kristen Indonesia (HKI), Daerah IV Dairi Karo Tanah Alas (DAKOTA) melaksanakan Ibadah Tahun Baru Daerah yang dipimpin Sekretari Jenderal HKI Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th sebagai pengkhotbah, didampingi Praeses HKI Daerah IV Dakota Pdt. H.T. Fresley Simamora, S.Th, M.Si sebagai liturgis dan Pdt. Drs Jonly Pasaribu, S.Th pembawa doa syafaat.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna HKI Daerah IV DAKOTA, di Panji Bako-Sidikalang dihadiri 200an orang. Tampak hadir 12 orang pendeta Resort dari 13 resort, Calon Pendeta, Guru Jemaat, Jemaat juga Camat Parbuluan P. Situmorang, S.Pd, dan tamu lainnya.

Sekjen Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th  dalam khotbahnya yang diambil dari Efesus 2:19, menekankan, “Huria Kristen Indonesia (HKI) adalah Huria yang Mandiri, yang sejak pembentukannya menganut Prinsip ‘Sijunjung Baringinna’ (berdiri  di atas kaki sendir). HKI yang sebelumnya bernama  Hoeria Christen Batak (HChB)  tidak pernah menerima dan mengandalkan bantuan apapun dari pihak lain. HKI (HChB) hanya mengandalkan pertolongan TUHAN melalui persembahan jemaat. Gereja yang mandiri dan dewasa” tandasnya. Beliau melanjutkan, “untuk mewujudkan HKI yang modern, kita perlu kembali kepada cara Allah menolong HKI. Kembali kepada cara Allah memberkati HKI, sehingga HKI kembali ketahun-tahun kebersamaan, tahun di mana semua aspek penatalayanan jemaat, dan para pelayan Tuhan menjadi satu kesatuan di dalam keluarga Allah demi kemajuan pelayanan HKI yang mandiri, dewasa dan modern. Tidak ada perbedaan sekolah, tidak ada perbedaan yang tua dan yang muda, miskin atau kaya jika sudah berkumpul di HKI yang hakikatnya adalah satu keluarga di dalam kerajaan Allah”.

Camat Parbuluan P. Situmorang, dalam sambutannya mengatakan “ketertingalan kita disebabkan kurangnya keterbukaan para pelayan, perebutan kepemimpinan di jemaat menjadi sangat penting. Kita cenderung mengandalkan pikiran sendiri dengan melupakan pertolongan Tuhan” tandasnya.

Praeses HKI Daerah IV DAKOTA; Pdt. H.T.Fresley Simamora, S.Th, M.Si,  juga menyatakan hal senada. Ada empat hal penting sebagai harapan untuk mesukseskan program tahun ini,  Pertama: senantiasa mensyukuri dan berharap  pertolongan Tuhan. Kedua: Mensukseskan program Pimpinan Pusat HKI tentang sentralisasi keuangan. Ketiga: Mensukseskan pencangan Tahun Keluarga, HKI Daerah IV DAKOTA menerapkan dan menghimbau setiap anggota jemaat keluarga duduk beribadah bersama. Keempat: Meminta tindakan Pucuk Pimpinan agar rumah Dinas Praeses dan Gedung Serbaguna dapat ditempati dan dipergunakan.

Selanjutnya, ungkap salah satu pendeta, “Tanpa direncanakan, dana spontanitas dapat terkumpul Rp. 8.500.000,- untuk dawa awal pelaksanaan program pelayanan Daerah IV, yang sebelumnya telah kosong”.  Beliau melanjutkan, “acara berlangsung hikmah, penuh sukacita menikmati kebersamaan Tahun Baru ini”.

Setelah acara demi acara dilaksanakan, dipenghujung acara dilanjutkan hiburan, Parhalado dan peserta,  menyanyikan lagu atau pujian kepada Tuhan. Praeses mengharap, “Dalam suasana suka cita ini, kiranya Tahun Keluarga HKI, khususnya DAKOTA, dapat berjalan dengan baik, dengan mengandalkan pertolongan Tuhan. Program ini akan membuahkan kemajuan dan kemandirian HKI yang modern”. (BN Redaksi)

Bagikan Postingan ini: