EPHORUS HURIA KRISTEN INDONESIA (HKI)-Pdt. FIRMAN SIBARANI, M.TH DALAM IBADAH PERAYAAN PASKAH OIKUMENE 2023 DI SIMALUNGUN

(Jumat, 12/5/2023) Pelaksanaan Perayaan Paskah Oikumene Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat yang dilaksanakan di Lapangan Umum Tiga Runggu, Kec. Purba, Kab. Simalungun. Ibadah ini mengangkat tema Ia mendahului kamu ke Galelia. Jangan takut (Matius 18:7,10)” dan sub tema “Menghadapi berbagai keadaan hidup dan dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab, Pemerintah Kabupaten Simalungun bekerja bersama masyarakat untuk merasakan kuasa kebangkitan Yesus Kristus dengan hidup berani bertindak, pantas berkata dan tuntas berkarya”. Ibadah Perayaan tersebut juga dilayankan oleh Ephorus HKI – Pdt. Firman Sibarani, M.Th sebagai Pengkhotbah.

            Dalam Khotbahnya beliau menyampaikan: Injil matius mencatat, ada 4 kali Yesus mengatakan mengenai penderitaan nya dan akan bangkit dari kematianNya. Semua firman Allah pasti akan digenapi. Tidak ada satu katapun yang tidak akan terjadi. Jadi kita sebagai manusia, harus juga ikut ambil bagian menggenapi firman Tuhan. Sama seperti Yesus, jika Ia tidak menggenapi firman Allah, Dia tidak akan bangkit.

Banyak orang mengatakan bahwa Yesus bukanlah Tuhan; dan memang hanya ada 2 kesaksian mmengenai  itu pertama dari Lukas 2:11 dan perkataan murid kepada Yesus bahwa Yesus adalah Guru dan Tuhan.

Yesus sengaja tidak mengatakan (Luk 22:67) dirinya secara langsung bahwa Dia adalah Tuhan, sebab orang tidak akan percaya.

Manusia bisa membunuh orang demikian juga Yesus di bunuh oleh pemimpin agama Yahudi, tetapi melalui hal itu Tuhan Yesus mau menunjukkan bahwa dia akan mengalahkan kematian yang tidak dapat dikalahkan oleh semua manusia dari dulu sampai sekarang. Hanya pemilik kematianlah yang dapat mengalahkan kematian itu. Itulah sebagai bukti bahwa Yesus adalah pemilik kematian dan kehidupan umat manusia; yang artinya kuasa itu hanya ada pada Tuhan pencipta langit dan bumi.

Ia mendahului kamu ke Galilea; saudara-saudaraku, jangan takut! Jangan takut apapun saat ini yang akan engkau hadapi karena Yesus akan selalu mendahului kamu atas semua masalah hidupmu!.

Bupati Simalungun; Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H,M.H; dalam sambutannya mengucapkan Selamat Paskah kepada seluruh aparatur; baik sipil, TNI, Pemuka Agama, serta seluruh umat Kristiani di  Simalungun. Beliau juga mengajak agar masyarakat bersinergi dan membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah Daerah.            

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, selaku ketua umum panitia melaporkan tujuan dari Perayaan Paskah ini sejalan dengan makna tema kita yaitu sebagai Reintrospeksi hati dan fikiran kita dalam hidup, dengan meneladani Yesus Kristus dan pengorbanannya di Kayu Salib Serta memperingati kebangkitannya dari kematian.

Biro Infokom HKI

Bagikan Postingan ini: