PELETAKAN BATU PENJURU – PEMBANGUNAN RUMAH DINAS KEPALA DEPARTEMEN HURIA KRISTEN INDONESIA (HKI)

Rabu, 9 Agustus 2023, Pukul 10.00 WIB telah dilaksanakan acara Peletakan Batu Penjuru Pembangunan Rumah Dinas Kantor Pusat Huria Kristen Indonesia. Acara tersebut dipimpin oleh Pucuk Pimpinan Huria Kristen Indonesia (HKI) dalam hal ini Sekretaris Jenderal HKI – Pdt. Hotman Hutasoit, M.Th bertempat di gedung bekas Sekolah Perguruan Guru Agama Kristen Protestan (PGAKP) milik HKI yang beralamat di jalan Mangga, Gg. Rambutan Kelurahan Parsaoran Nauli – Pematang Siantar.

Suasana acara peletakan batu penjuru pembangunan tersebut penuh dengan semangat dan harapan; acara tersebut menunjukkan bahwa pembangunan yang dimulai ini bukan hanya sebuah simbol bangunan fisik, tetapi juga mewakili komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para pelayan yang bekerja keras dalam melayani di Kantor Pusat HKI.

Lokasi bangunan PGAKP-HKI yang akan dirubah menjadi Perumahan Dinas Kepala-kepala Departemen Kantor Pusat HKI

Diharapkan melalui Pembangunan Rumah Dinas ini, akan meningkatkan pelayanan para Kepala Departemen HKI yang bertugas di Kantor Pusat HKI. Ketua Panitia Pembangunan Bapak Serip Warner Butarbutar, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa Rumah Dinas yang akan dibangun ini direncanakan ada sebanyak 5 buah dan terdiri dari 2 Lantai serta memerlukan biaya 1.5 Miliar Rupiah untuk merampungkan pembangunannya.

Acara diawali dengan Ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt. DR. Jusuf Hutapea (Ka.Dept. Marturia HKI) sebagai Liturgis dan Pdt. Hotman Hutasoit, MTh (Sekretaris Jenderal/ Sek.Jend. HKI) sebagai pengkhotbah. Doa Syafaat dibawakan oleh Pdt. Salome Nainggolan, STh, MM. (Ka.Dept. Koinonia HKI).

Pdt. Hotman Hutasoit, M.Th (Sekretaris Jenderal HKI) sedang menyampaikan Khotbah sesaat sebelum peletakan batu penjuru Pembangunan Rumah Dinas Kepala Departemen Kantor Pusat HKI.

Pdt. Hotman Hutasoit, M.Th dalam Khotbah beliau yang diambil dari kitab Mazmur 127: 1 – “Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal  kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga menyampaikan: bahwa kita harus senantiasa mengingat; tentang membangun rumah ada hal yang tidak boleh dilupakan sebagai yang sangat penting, yakni penyertaan Tuhan – yang harus menjadi hal yang terutama dalam pembangunan rumah tersebut.

Beliau juga menyampaikan, bahwa sebaik dan senyaman apapun rumah dibangun oleh manusia, jika bukan Tuhan yang menyertai, memberkati dan memberikan kenyamanan, maka sia-sialah segala usaha pembangunan rumah itu.

Sekretaris Jenderal HKI, Beberapa orang Kepala Departemen HKI, Ketua Pembangunan Rumah Dinas, Pendeta HKI Resort Khusus Imanuel beserta Pelayan dan Majelis Resort

Terlihat semangat dan harapan tersebut semakin semarak dengan hadirnya Pucuk Pimpinan HKI (Pdt. Hotman Hutasoit, MTh beserta Ibu), Kepala-Kepala Departemen, warga jemaat, serta pelayan yang bertugas di Kantor Pusat HKI berkumpul untuk merayakan awal dari proyek pembangunan rumah dinas baru tersebut. Turut hadir Pula Pendeta HKI Resort Khusus Imanuel yakni Pdt. Rosinta Malau, S.Th beserta Majelis Resort, beberapa warga jemaat serta Perwakilan Guru dan Murid SD HKI No.1. Acara Peletakan Batu Penjuru ini juga diikuti dengan penanaman patok batas antara kawasan Rumah Dinas Kepala-kepala Departemen HKI dengan lokasi SD HKI no.1 yang dikelola oleh HKI Resort Khusus Imanuel; mengingat lokasi pembangunan ini persis bersebelahan dengan SD HKI No. 1 tersebut.

Pucuk Pimpinan HKI (Sekretaris Jenderal) Pdt. Hotman Hutasoit, MTh memancang patok batas Perumahan Dinas Kantor Pusat dengan SD HKI No.1 di lokasi pembangunan Rumah Dinas Kepala Departemen HKI – Pematang Siantar.

Warga sekitar yang hadir dalam acara ini juga turut memberikan harapan mereka terhadap pembangunan rumah dinas ini. Salah seorang warga yang hadir mengatakan: “Kami berharap rumah dinas yang baru ini nantinya dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi pelayan Kantor Pusat HKI secara khusus para Kepala Departemen yang telah bekerja keras demi Gereja dan Jemaat. Dengan lingkungan yang baik, semoga rumah ini dapat memberikan inspirasi bagi mereka untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pula.”

Peletakan batu pertama ini juga menjadi momen untuk merenungkan perjalanan pelayanan Kantor Pusat HKI di masa lalu dan menatap masa depan yang lebih cerah. Acara peletakan Batu Penjuru Pembangunan Rumah Dinas ini adalah bukti bahwa Huria Kristen Indonesia (HKI) dan Pucuk Pimpinan sebagai representasi HKI memiliki komitmen untuk meningkatkan kondisi para pelayan Kantor Pusat HKI, yang sering kali bekerja di belakang layar tanpa mendapat perhatian yang cukup.

Langkah ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan lingkungan yang nyaman bagi mereka yang berdedikasi dalam memberikan pelayanan kepada Yesus Kristus melalui HKI. Dalam gambaran visualisasi yang diproyeksikan, yang telah kami lihat pada waktu yang berbeda terlihat bentuk rumah dinas yang modern dan fungsional, mencerminkan komitmen untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para pelayan yang bekerja di Kantor Pusat HKI – secara khusus Kepala-Kepala Departemen.

Proyeksi gambar Rumah Dinas yang akan dibangun

Dengan tersedianya prasana Rumah Dinas dan lingkungan yang nyaman maka fokus pelayanan diharapkan akan semakin meningkat, para Kepala Departemen diharapkan dapat memberikan pelayanan yang kreatif lebih unggul dan efisien. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan Kinerja Kantor Pusat HKI, tetapi juga memperkuat citra positif pelayan yang berada di Kantor Pusat. Soli Deo Gloria (Kemuliaan Hanya Bagi Tuhan).

Biro Infokom HKI

Bagikan Postingan ini: