Pembukaan Kongres PW HKI : Akhiri Kekerasan Perempuan dan Anak

Pembukaan Kongres PW HKI :

Akhiri Kekerasan Perempuan dan Anak

 

SIANTAR- Ephorus HKI Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM pada pembukaan Kongres Persatuan Wanita Huria Kristen Indonesia (PW-HKI) Tahun 2016 menegaskan bahwa dengan kongres ini diharapkan dapat menunjukkan peran wanita HKI sebagai tiang doa di tengah-tengah keluarga dan menjadi penggerak perdamaian di masyarakat dan kehidupan gereja.

“Melalui kongres ini diharapkan wanita HKI semakin menyadari tanggungjawab mereka sebagai sahabat anak dan alam. Yang peduli terhadap perlindungan anak, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak serta peduli alam dan turut mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kelestarian lingkungan termasuk pelestarian Danau Toba,” jelas Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM pada pembukaan kongres di Kantor Pusat HKI Jalan Melanthon Siregar Siantar, Kamis (23/6).

Kongres akan membicarakan agar semua kembali keluarga. Semua diawali dari keluarga, sekolah yang pertama itu keluarga. Gereja yang pertama adalah keluarga. Dimana keluarga ciptaan Tuhan ditengah-tengah dunia ini yang harus dirawat. “Harapannya panitia yang terpilih nantinya dapat menunjukkan keteladanan baik di tengah keluarga dan masyarakat. Untuk mengarahkan anak-anak melalui kegiatan sekolah minggu, mengarahkan para remaja agar dapat terhindar berbagai persoalan anak yang kompleks saat ini. Seperti persoalan kekerasan perempuan dan anak, human trafficking hingga persoalan narkoba yang saat ini menjadi persoalan serius di negara ini. Tentu semua persoalan ini tidak terlepas dari pentingnya seorang ibu yang dimulai keluarga,” jelasnya.

Acara pembukaan kongres diawali dengan kebaktian yang dipimpin Sekjend HKI Pdt Dr Batara Sihombing MTh dengan dihadiri ribuan jemaat terdiri dari PW HKI perwakilan masing-masing daerah serta para undangan. Tarian-tarian dan persembahan lagu pujian ikut mengiringi rangkaian acara pembukaan kongres.

Turut hadir Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diwakili Fernandez Hutagalung, Kemenerian agama diwakili Lisda Manurung MPk, Gubsu diwakili Ir Halen Purba MM, pemerintah daerah diwakili Bupati Simalungun DR JR Saragih MM, PGI Pusat diwakili Pdt Enida Girsang, UEM diwakili Pdt Jenny Keliat.

Ketua umum Panitia Kongres PW HKI St H br Lumbantobing didampingi sekretaris umum panitia St R br Silaban SPd MM, bendahara St Gr H br Sijabat BA STh menambahkan, perhelatan Kongres PW HKI akan berlangsung sejak tanggal 23-26 Juni 2016. (rel/rah)

Bagikan Postingan ini: