TERANGKAT

Baca: Yosua 1:1-9

Ketika kami mengikuti tur ke suatu kapal induk, seorang pilot pesawat tempur menjelaskan bahwa pesawat membutuhkan angin berkecepatan 56 km per jam untuk dapat lepas landas pada landasan pacu yang pendek. Untuk mencapai kecepatan angin yang stabil ini, kapten akan mengarahkan kapal induk untuk melaju melawan arah angin. “Bukankah angin itu seharusnya datang dari belakang pesawat?” tanya saya. Sang pilot menjawab, “Tidak. Pesawat harus terbang menantang angin. Hanya itu satu-satunya cara agar pesawat dapat terangkat.”

Allah memanggil Yosua untuk memimpin bangsa-Nya “menantang angin” yang menanti mereka di tanah perjanjian. Untuk itu, Yosua membutuhkan dua hal. Dari dalam dirinya, Yosua perlu “sungguh-sungguh yakin dan berani” (Yos. 1:7 BIS); dan dari luar, ia memerlukan tantangan. Hal itu termasuk menghadapi tugas memimpin ribuan orang Israel setiap hari, menghadapi kota-kota yang dikelilingi tembok (6:1-5), kekalahan perang yang memilukan (7:3-5), penjarahan yang diperbuat Akhan (7:16-26), dan perang yang berkepanjangan (ps. 10–11).

Angin yang bertiup menerpa diri Yosua akan mengangkat kehidupannya, selama dorongannya itu datang dari perintah Allah. Allah memerintahkan Yosua: “Bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum; . . . janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, . . . renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung” (1:7-8).

Apakah Anda bertekad mengikuti jalan-jalan Allah, apa pun risikonya? Kalau begitu, hadapilah tantangan yang ada. Terbanglah tanpa gentar menantang angin dan lihatlah bagaimana semangat Anda melambung tinggi.

Oleh: Mike Wittmer

Renungkan dan Doakan
Mengapa tantangan dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam hidup? Bagaimana Allah dapat memakai masalah yang sedang Anda hadapi untuk mengangkat Anda?

Ya Bapa, hidup ini sulit dan sering kali menyakitkan. Kiranya masalah-masalah yang kuhadapi dapat mengangkatku lebih dekat kepada-Mu.
Amin….
Selamat menjalani hari ini dengan semangat dan Kekuatan dari Tuhan, Gbu.

WAWASAN
Satu tema yang berulang kali diangkat di dalam Alkitab adalah kesentralan Kitab Suci di dalam kehidupan orang beriman (lihat Mazmur 1:1-3). Dalam Yosua 1, prinsip penting itu ditekankan ketika kepemimpinan umat beralih dari Musa ke Yosua. Daud mengucapkan perkataan yang serupa kepada Salomo yang menggantikannya sebagai raja: “Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju” (1 Raja-Raja 2:2-3). –Arthur Jackson

BIRO INFOKOM HKI

Bagikan Postingan ini: