Bacaan ALKITAB. 1 Tawarikh 29:10-19

29:11 Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran
dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.

SEGALA PUJIAN KEPADA ALLAH
Oleh: Vic. Pdt. Joel Pasaribu

“Dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumbang”.

Demikianlah bunyi dari salah satu pepatah lama yang memiliki makna bahwa segala macam bentuk pujian tidak akan membawa seseorang pada kesombongan dan berbagai macam cacian tidak akan membuat seseorang menjadi jatuh. Kita perlu mengarahkan pujian kepada seseorang yang melakukan tindakan ataupun sesuatu yang benar dan juga sangat membantu manusia lainnya. Ini adalah hal yang baik, jika kepada manusia kita memuji sesuatu yang dilakukannya. Tentu saja, kalau kita bicara soal kebaikan Tuhan yang menciptakan segala sesuatu kepada seluruh ciptaan melalui kuasaNya, maka sangat layak kita memuji Tuhan.

Dari bacaan kita pagi ini, kita membaca bagaimana Daud menyampaikan kepada nasihat kepada Salomo yang dipilih Allah dimasa mudanya menjadi pemimpin bangsa Israel. Pada nats ini juga, Daud menyampaikan pemujiannya kepada Allah yang maha besar. Sepanjang hidupnya, Daud merasakan bahwa Tuhan Allah begitu sangat mengasihinya, dan dia tidak dapat melakukan apa-apa selain menyampaikan rasa syukurnya melalui puji-pujiannya. Kebesaran dan kejayaan, kehormatan,
kemasyuran dan keagungan. Hal tersebut digambarkan Daud bahwa Allah memiliki segalanya dari segala yang ada dibumi.

Doa: Ya Tuhan, bimbing kami untuk memuji dan memuliakan kebaikanMu dalam hidup kami. Amin

Saudara/I yang dikasihi Tuhan! Mengapa kita harus memuji Tuhan, padahal Dia sudah memiliki segalanya? Apakah Tuhan haus akan pemujian? Tidak ada yang salah dengan pemujian kepada Allah dna Allah tidaklah haus akan pemujian. Tetapi karena kebesaranNyalah kita layak memujiNya dan karena iman lah kita dipanggil untuk memuji Tuhan Allah. Karena setiap orang yang percaya haruslah bersandar dan sadar kepada Allah. Kiranya kita dapat meluangkan waktu untuk bersyukur kepada Allah atas rahmat dan kasihNya yang besar membuat kita bernapas, sehat, berpikir, dsb. Segala Pujian Kepada Allah.

Doa: Ya Tuhan, bimbing kami untuk memuji dan memuliakan kebaikanMu dalam hidup kami. Amin

Bagikan Postingan ini: