Jangan Berzinah!

Rabu, 09 Maret 2022

Ulangan 5 : 18 “Jangan berzinah”.

Perjanjian merupakan sesuatu yang harus ditepati dan dilaksanakan dalam hidup kita. Demikian dalam hal perjanjian Tuhan dengan bangsa Israel, ada peraturan yang harus dipenuhi. Tuhan memenuhi perjanjian-Nya atas inisiatif-Nya. Sementara Israel, sering kali melanggar aturan perjanjian itu. Karena itu, sebelum mereka memasuki tanah Kanaan, Tuhan menyampaikan semua aturan perjanjian-Nya untuk dipegang dan dilakukan di mana pun mereka berada.

Dalam perikop ini, Tuhan memberikan banyak peraturan yang berhubungan dengan Tuhan dan sesama. Aturan ini untuk menolong mereka menikmati pelbagai berkat yang Tuhan sediakan di tanah Perjanjian. Ketika umat taat kepada Tuhan, maka mereka menunjukkan pengenalan yang benar dan kebergantungan kepada-Nya. Dengan begitu, mereka akan saling mengasihi, menghargai, dan saling menolong. Dengan demikian, mereka dapat menikmati hari-hari yang mereka lalui dengan ucapan syukur atas segala berkat-Nya. Hukum ini mengatakan “ Jangan Berzinah ”. Berzinah dalam Perjanjian Lama menunjuk pada kegiatan seksual di luar nikah dan merupakan kejahatan serius yang sering dijadikan menjadi simbol penyembahan berhala. Hukum-hukum Tuhan adalah ungkapan sifat Allah sendiri dan bertujuan agar umat Tuhan mengenal Tuhan dan dengan menaati, mengalami maksud-maksud Allah untuk umat-Nya. Dalam PL umat Tuhan mendengarkan firman ini dibacakan berulang-ulang sampai kini, dan maksudnya terpatri di dalam hati mereka. Manusia perlu prinsip dan kaidah yang mempengaruhi pemahaman tentang realitas, dorongan keinginan dalam hati dan pola penilaiannya. Karena manusia jatuh dalam dosa, kebudayaan dengan semua yang baik di dalamnya tidak dapat dijadikan norma untuk hal-hal penting ini.

Saudaraku, untuk menjalani hubungan dengan Tuhan dan sesama, kita harus ingat pertolongan Tuhan di setiap hari dan janji penyertaan-Nya di masa depan, serta terus berjuang untuk melakukan perintah-Nya.

Doa : Ya TUHAN, mampukanlah kami untuk selalu mematuhi setiap perintahMu melalui hukum yang Engkau berikan bagi hidup kami, Amin. 

Kata Motivasi : Jadikanlah Sepuluh hukum dari Tuhan menjadi norma utama dalam kehidupan kita.

                                                                   By : Pdt. Andrian Simbolon, S.Th

Bagikan Postingan ini: