Konferansi Oikumene Pemuda Gereja : “Apakah Gereja Sibuk Mengurus dirinya sendir ?”

Konferansi Oikumene Pemuda Gereja :

“Apakah Gereja Sibuk Mengurus dirinya sendir ?”

Pematangsiantar (13/7).  Christian Conference of Asia (CCA) yang dikenal dengan Dewan Gereja Asia (DGA) melaksanakan Konferensi Pemuda, di STT HKBP, Pematangsiantar. Acara dari 12-13 Juli 2016, diikuti berbagai Dedominasi Gereja, Perguruan Tinggi, Lembaga Kemahasiswaan, juga GMKI Cab. Siantar dan Sidikalang, selurunya berjumlah 50 orang.

Materi hari pertama (12/7) mencakup : “Living Together in a Household of God” oleh Rev. Dr. Victor Tinambunan. “Toward a New Ecumenical Ethos at the Grassroots: The Role of Youth” oleh Ms. Aiko Sumichan.

Selanjutnya, diskusi panel dengan topik “Christian Youth in a Multi-Religious Context in Indonesia: Challenges and Prospects in living Toghether” oleh Woro.

Pdt. Dr. Bonar Lumbantobing, M.Th,  juga hadir selain pemateri juga pembanding pada topik “Pemuda/i dalam Kepelbagaian Agama (Menuju Spritualitas Ekumenis sudut Pandang Sumatera Utara)”.

Hari kedua, (13/7), acara diawali Penelahaan Alkitab (PA) yang dipandu Jebang Singh Samuel dengan tema “Transforming The Oppressive Structures” from Luke. 13:10-17 ; Acts. 4:32-37.

Acara dilanjut membahas “Ecumenism and Ecumencial Movement in Asia” oleh Pdt. Dr. Bonar Lumbantobing, M.Th. Beliau  mengajak pemuda mengenal siapa yang disebut Gereja Asia serta menggerakkan semangat oikumenis di tempat masing-masing peserta.

Di topik yang berbeda, Mr. Longgena Ginting membawa materi, “Challenges to the Household of God: Greenpeace and Climate Justice”. Perubahan Iklim adalah Masalah Global, termasuk krisis pagan dan energi yang harus dihadapi secara bersama.

Perlu digali, sejauhmana pertumbuhan semangat oikumenisme di tengah gereja terutama pemuda. Apakah gereja tetap sibuk mengurus dirinya sendiri ? Menjadi bagian topik menarik yang harus diseriusi mencari akar masalah dan penangannanya.

Melihat pentinganya acara ini, HKI mengutus pemudanya mengikuti acara tersebut,  yakni: C.Pdt. Roy Naldi Simaremare, Shanty Christin Siahaan, C.Pdt. Boy Tampubolon, dan Dahlia Manik. (MBW/BN).

Bagikan Postingan ini: