Arahan dan Petunjuk Pencanangan Tahun Keluarga HKI 2016

Sesuai dengan hasil Rapat Majelis Pusat HKI, tahun 2015 yang baru lalu menetapkan bahwa tahun 2016 adalah Tahun Keluarga. Fokus pastoral tahun ini mengajak kita untuk mengembangkan komunikasi iman yang tulus dalam keluarga dan menjadikan perjumpaan pribadi dalam keluarga kristiani menjadi perwujudan Gereja Rumah Tangga yang penuh sukacita. Dan tidak terlepas mengajak kita untuk berani mengembangkan solidaritas bagi lembaga-lembaga pendidikan keluarga yang bermutu di wilayah Pelayanan HKI.

 

KELUARGA YANG BERFOKUS KEPADA ALLAH

Dalam perjumpaan pribadi seperti ini, keluarga HKI menjadi “Ecclesia Domestica” (Gereja Rumah Tangga): kehadiran dan pelaksanaan persekutuan Gereja, yaitu persekutuan iman, harapan dan kasih dalam bentuknya yang paling kecil. Keluarga HKI memiliki peran di dalam Gereja karena mereka mengambil bagian dalam Tri tugas Gereja sendiri: Persekutuan (Koinonia), Pelayanan (Diakonia) dan Kesaksian Iman (Martyria). Keluarga adalah sekolah kehidupan kristiani yang pertama dan “suatu pendidikan untuk memperkaya kemanusiaan”. Didalam keluarga masing-masing, setiap orang belajar ketabahan dan kegembiraan dalam pekerjaan, cinta saudara sekandung, pengampunan dengan jiwa besar, dan terutama pengabdian kepada Allah dalam doa dan dalam penyerahan hidup.

Sebagai keluarga yang berfokus kepada Allah maka perlu kita memelihara keluarga kita yang dipersatukan Allah, kita syukuri bahwa Allah yang telah memberi berkat anak, dan jika anak tidak ada kita tetap berserah kepada rencana Allah, yang jelas, jangan keluarga menjadi dingin atau tidak setia.

Bagikan Postingan ini: