Arahan dan Petunjuk Pencanangan Tahun Keluarga HKI 2016

MENINGKATKAN PENDIDIKAN KELUARGA

Fokus pastoral kedua adalah pendidikan. Gereja menyadari bahwa secara istimewa pendidikan termasuk dalam tugas Gereja, terutama karena Gereja harus mewartakan jalan keselamatan kepada semua orang, menyalurkan kehidupan Kristus kepada umat beriman, serta tidak ada henti membantu mereka supaya mampu meraih kepenuhan kehidupan.

Tugas ini terungkap dalam dua prioritas program untuk mengembangkan kesadaran dan partisipasi umat beriman dalam upaya mewujudkan pendidikan bermutu bagi semua orang dan menyelenggarakan forum pembinaan iman bagi Umat HKI dalam dunia pendidikan. Melalui dua gagasan pokok itu diharapkan agar kita sebagai kesatuan Gereja HKI dapat menghidupi nilai tanggungjawab sebagai saudara dan persaudaraan iman, khususnya dalam dunia pendidikan.

Penghayatan nilai tanggungjawab sebagai saudara dapat kita lakukan dengan menggalang keterlibatan konkrit umat bagi perwujudan pendidikan bermutu di sekolah-sekolah HKI. Melalui keterlibatan semacam ini kita diingatkan akan jati diri Gereja bahwa semua unsur yang ada di dalamnya merupakan satu tubuh, satu keluarga dan satu saudara. Karya pendidikan adalah wujud kehadiran Gereja dalam masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan di sekolah HKI adalah tanggungjawab bersama kita sebagai Gereja.

Kita memiliki tanggung-jawab moral bagi kelangsungan karya pendidikan keluarga. Dengan keterlibatan dan solidaritas sebagai saudara, kita berharap bahwa semakin banyak anak-anak HKI tetap mendapatkan akses pendidikan bermutu meskipun kadang terhambat oleh kendala ekonomi dan jarak.

Keluarga juga kit pakai untuk mendidik anak-anak untuk mengetahui kalau Tuhan telah setia memakai dan menyertai HKI. Agar keluarga kita juga setia membangun dan melayani HKI. Jangan setelah anak-anak berhasil justru keluar dari HKI.

Bagikan Postingan ini: