Arahan dan Petunjuk Pencanangan Tahun Keluarga HKI 2016

HARAPAN KITA DI TAHUN KELUARGA INI

Bahwa nilai persaudaraan iman mengingatkan kita akan visi, misi HKI untuk mewartakan nilai-nilai kristiani bagi masyarakat, menjadi jemaat yang kuat iman, modern, missioner dan berdedikasi dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, HKI semakin menunjukkan nilai fundamental dalam mewujudkan misinya (Diakonia, Koinonia dan Marturia). Sebagaimana ‘rasa asin’ bagi garam, demikian jugalah Keluarga HKI bagi Sekitarnya. HKI bukanlah sekedar nilai yang ditujukan bagi murid, tetapi terutama adalah kehidupan, kedalaman dan kesaksian iman para keluarga baik dia sebagai guru, karyawan, pengusaha dan semua pihak lain yang terlibat langsung di dalam proses pendidikan keluarga.

Melalui pencanangan Tahun Keluarga 2016 hari ini, Gereja HKI menyuarakan supaya keluarga HKI menjadi ”keluarga yang kuat (kokoh) iman”. Keluarga yang kuat (kokoh) Iman adalah cara afektif untuk mengatasi kejahatan, ketidak adilan sosial, penyalahgunaan obatobatan dan alkohol, kenakalan remaja, aborsi, KDRT, perceraian, perzinahan, dan pelanggaran HAM. Huria Kristen Indonesia meyuarakan masalah ini kepada dunia dan pemerintah, supaya keluarga menanamkan pengajaran dan nilai rohani. “Panggilan utama keluarga kristen di zaman ini, harus menjadi sekolah Alkitab, pusat misi, tempat pertemuan dengan Allah bagi semua anggota keluarga dan masyarakat.

Dengan maksud diatas, saya mengajak kita semua dan segenap umat beriman untuk membantu serta mendukung pertumbuhan iman atau kesejahteraan rohani setiap keluarga, baik mereka sebagai Pelayan, guru, karyawan, pengusaha dan swasta lainnya di wilayah pelayanan HKI, sebagai kesatuan Gereja. Lebih baik lagi apabila para pendeta ditempat pelayanan masing-masing memfasilitasi terbentuknya forum pertemuan bagi warga jemaat agar mereka mendapatkan ‘keluarga rohani’ di dalam Gereja dan mengusahakan pelbagai bentuk solidaritas serta subsidiaritas antara Gereja dan anggota jemaat serta lembaga lainnya.

Bagikan Postingan ini: